Home » » Penghitungan SHU Koperasi

Penghitungan SHU Koperasi

Written By Unknown on Minggu, 14 Desember 2014 | 01.15

Beberapa waktu yang lalu, setelah dilakukan pembagian SHU Koperasi Tahun Buku 2012, beberapa anggota koperasi pada unit yang saya tangani melakukan komplen terhadap pengurusnya karena pembagian dilakukan secara rata bagi seluruh anggota tanpa memperhatikan besarnya simpanan dan partisipasi transaksi para anggotanya. Keberatan ini tentu saja disampaikan oleh anggota yang memang dia sering melakukan transaksi pada unit layanan yang diselenggarakan oleh koperasi.
Berdasarkan penelusuran yang dilakukan, penyebabnya diantaranya karena pengurus kesulitan melakukan perhitungan SHU, memang kalau dilakukan secara manual dengan jumlah anggota yang banyak tentu saja hal ini sangat merepotkan, apalagi kalau koperasi tersebut memiliki beberapa unit layanan usaha yang memberikan kontribusi SHU yang berbeda-beda pula. 
Walaupun perhitungannya sederhana karena pada prinsipnya hanya perhitungan pembagian biasa yang diproporsikan, maka perhitungan ini akan sangat mudah jika dibantu dengan aplikasi excel misalnya, perhitungannya akan dilakukan secara otomatis. Data yang diperlukan hanyalah data jumlah simpanan untuk masing-masing anggota dan data paritisipasi transaksi untuk masing-masing anggota.

Jika data tersebut telah tersedia, maka kita tinggal memasukan datanya dan memasukan data SHU yang akan dibagikan berdasarkan ketentuan yang ada pada masing-masing koperasi, maka perhitungan dalam waktu yang sangat cepat akan selesai.
Berikut ini contoh aplikasinya yang telah saya buat (Klik Disini)
Semoga bermanfaat.
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

FACEBOOK LIKE

Random Posts

Find Us On Facebook

Events

Flickr

Blogger templates

Recent Comments

Sponsor

Recent comments

Social Share

 
Support : Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. caraseno - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by KELOMPOK TANI SEMBADA
Selamat Datang di Bloger Caraseno Kalimudal